Minggu, 19 Februari 2012

Shalat Taubat

Shalat Sunnat Taubat ialah shalat yang dilakukan seseorang baik yang sudah masuk islam maupun yang baru masuk islam karena merasa bersalah setelah berbuat dosa, kemudian bertaubat kepada Allah Swt.
Taubat dengan sadar dan menyesali kesalahan kesalahan yang telah dilakukan dan berniat tidak akan mengulanginya, serta memohon ampunan dari Allah Swt. Shalat Taubat sangat dianjurkan oleh Rosulullah Saq agar manusia yang telah sadar dan bertaubat lekas mendapatkan ampunan dari Allah Swt yang maha pengampun lagi maha penyayang.
Firman Allah Swt :

وَالَّذِينَ عَمِلُوا السَّيِّئَاتِ ثُمَّ تَابُوا مِنْ بَعْدِهَا وَآمَنُوا إِنَّ رَبَّكَ مِنْ بَعْدِهَا لَغَفُورٌ رَحِيمٌ (١٥٣
"orang-orang yang mengerjakan kejahatan, kemudian bertaubat sesudah itu dan beriman; Sesungguhnya Tuhan kamu sesudah taubat yang disertai dengan iman itu adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."
Diriwayatkan dari Abu Bakar radhyiallahu’anhu bahwa dia telah berkata: “Aku mendengar Rasulullah shallahu’alaihi wa sallam bersabda:


“Tidak ada seorang hamba yang berbuat suatu dosa, kemudian membaguskan wudhunya, lalu berdiri shalat dua rakaat, kemudian beristighfar (memohon ampun) kepada Allah kecuali Allah pasti mengampuninya. “Kemudian beliau membaca ayat: “Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (Ali Imran:135)” (Riwayat. Abu Dawud)

Lafadz Niat Shalat Taubat : 
Ushalli Sunnatat Taubati Rak'ataini Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta'ala 
Saya Niat Shalat Sunnat Taubat Dua Rekaat Menghadap Qiblat Karena Allah Ta'ala. 

Shalat Sunnat Taubat boleh dikerjakan 2 Reka'at, 4 Reka'at dan atau 6 Reka'at. Do'anya adalah sebagai berikut :
Astaghfirullahal Adzim Alladzi Laa Ilaaha Illa Huwal hayyul Qoyyuumu Wa Atuubu Ilaihi Taubatan Abdin Dhaalimin Laa Yamliku Linafsihi Dhorran wa laa naf'an walaa mautan Wa Laa Hayaatan Wa Laa Nusyuuran.
Dalam bahasa Indonesia 
Saya Memohon Ampunan Kepada Allah Yang Maha Agung, Saya mengaku bahwa tidak ada tuhan Melainkan Allah, Tuhan yang hidup terus selalu terjaga, saya memohon taubat kepada Nya, selaku taubatnya seorang hamba yang banyak berdosa, yang tidak mempunyai daya upaya untuk berbuat mudlarat atau manfaat, untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti.

Akan Lebih baik lagi jika ditambahkan dengan memperbanyak Istighfar sebagai berikut :

ALLAHUMMA ANTA RABBI LAA ILAAHA ILLA ANTA. KHALAQTANI WA ANAA ABDUKA WA ANAA 'ALA AHDIKA WAWA'DIKA MAS TATHA'TU A'UUDZU BIKA MIN SYARRI MAA SHANA'TU ABUU U LAKA BINIKMATIKA 'ALAYYA WA ABUU U BIDZAMBII FAGHFIRLII FAINNAHU LAA YAGHFIRUDZ DZUNUUBA ILLLA ANTA.

Dalam Bahasa Indonesia : 
"Ya Allah, engkaulah Tuhan kami, tiada tuhan melainkan engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hambamu, dan akupun dalam ketentuan serta janji Mu sedapat mungkin aku lakukan. aku berlindung kepada MU dari segala kejahatan yang telah engkau ciptakan, aku mengakui nikmatmu yang engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, dan karena sesungguhnya tidak ada yang dapat memberi pengampunan, kecuali hanya Engkau sendiri. "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar